Selasa, 16 Februari 2016

PASSION seorang GURU

Menjadi seorang guru haruslah memiliki passion. Guru diharuskan bekerja total selama 24 jam. Mengapa bisa begitu?berikut penjabarannya.

Jam mengajar guru di sekolah antara rentang waktu jam 07.30 s/d 13.20
Kurang lebih 6 jam di sekolahan. Bisa saja lebih dari itu, ditambah lagi jam ekstrakurikuler yang dilaksanakan sore hari. Sudah jelas bahwa pada saat tersebut guru berkewajiban untuk mendidik siswa dengan sepenuh hati. Di luar jam itu guru juga diharuskan memberi contoh atau teladan di masyarakat. Inilah overtime atau pekerjaan lembur seorang guru. Bagi guru yang tidak punya passion, pastilah berat menjalani pekerjaan ini. Ini soal passion, dan bukan soal yang lain. Jika ada seseorang ingin menjadi guru karena ingin mencari uang dengan kerja santai. Jika ingin kaya, keluarlah dari pekerjaan ini. Guru bukanlah pekerjaan yang digaji mahal, maka dari itu Stop! Urungkan niat untuk menjadi guru. Carilah pekerjaan lain.

Bagi guru yang sudah diangkat sebagai pegawai negeri, bersyukurlah dan tingkatkan kualitas hati agar makin kuat passion yang dimiliki. Di Indonesia, tidak sedikit dari kalangan PNS yang kerjanya asal-asalan dan terkesan seenaknya sendiri. Alasannya klasik, "mau rajin atau tidak, toh gaji kami tetap". Sungguh sangat disayangkan jika benar banyak yang seperti itu. Perlu diketahui bahwa pekerjaan menjadi seorang guru pertanggungjawabannya bukanlah kepada Negara, melainkan kepada Tuhan. Jika seorang guru berfikir sempit bahwa mengabdi kepada negara, mungkin saja ia melupakan untuk "mendidik" siswa, bukan "mengajar" saja.

Semangat pantang surut membangun Indonesia di bidang pendidikan!
Maju terus Indonesia
Salam edu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar